10 Ideas Kerja Sambil Kuliah Bagi Kamu Yang Mau Menjalaninya

Ternyata menyeimbangkan hidup di saat stres melanda itu sangat penting bagi mahasiswa yang disambangi padatnya beban kerja. Faktanya, bila kamu stres dan rutinitas sedang sibuk-sibuknya, kamu akan rentan terserang berbagai penyakit. Oleh sebab itu dibutuhkan pengaturan waktu yang tepat untuk menyeimbangi antara fokus kuliah, kerja, dan rehat.

Kalau tidak, tentu akan berpengaruh terhadap prestasi belajar dan kesehatan. Selain karena bisa menambah CV atau Curriculum Vitae kalian, hal itu juga dapat membantu meningkatkan kualitas diri, bakat dan minat kamu. Atau kamu bisa juga membuat bisnis kecil-kecilan untuk menambah uang sakumu dengan modal dari gaji half time.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Perlu kerja keras dan kemampuan membagi waktu yang baik agar hidup anda bisa seimbang serta diperlukan konsistensi. Cukup diawali dengan langkah yang sederhana saja, yaitu membuat jadwal kuliah dan pekerjaan anda supaya tidak berbenturan satu sama lain. Sementara untuk anda yang kuliah dengan jam reguler, maka jadwal bekerjalah yang seharusnya disesuaikan dengan jadwal kuliah anda agar keduanya bisa berjalan dengan lancar. Mungkin kamu perlu naik kendaraan umum atau pindah tempat tinggal sementara ke daerah yang lebih dekat dengan tempat kuliah atau tempat kerja kamu. Menyingkirkan masalah eksternal seperti ini membuat kamu bisa lebih fokus dalam menjalani peran kuliah sambil kerja. Selain dari dalam diri sendiri, tantangan ketika kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja bisa juga datang dari luar, yaitu faktor eksternal.

Setelah itu, anda bisa menggunakan waktu luang tersebut untuk mengerjakan tugas. Memang berkuliah sembari bekerja itu berat, namun ada beberapa dampak positif yang bisa anda dapatkan ketika memutuskan untuk kuliah sembari bekerja. Selain berkarir di dunia hiburan, aktris sekaligus penyanyiyang kini tengah menyelesaikan pendidikannya di Inggris.

Jalin keakraban dengan mereka, tawarkan produkmu saat bersosialisasi dengan mereka, sambil kumpul-kumpul atau sembari menunggu kuliah dimulai. Karena standing kamu masih mahasiswa, tentunya menyeimbangkan antara belajar dan bekerja membutuhkan usaha ekstra dan kerja keras. Terutama dalam hal membagi waktu untuk mengikuti kuliah dan mengurus bisnismu. Pendiri Facebook tersebut mendirikan perusahaan yang kini membuatnya menjadi miliarder saat masih berstatus mahasiswa lho.

Sangat senang dan bangga telah menjadi keluarga besar STM LABORA, mendapatkan teman dengan latar belakang pendidikan dan dari instansi yang berbeda (Swasta,BUMN, Pemerintahan/PNS). Setiap menyelesaikan satu pekerjaan, beri kesempatan tubuh dan otak Anda untuk beristirahat. Padahal melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan hanya akan membuat Anda tidak fokus pada pekerjaan utama.

Ketika aktivitas belajar yang semula menggunakan tatap muka di dalam kelas, kini harus beralih menggunakan teknologi di dalamnya. Jadwal dan Target perlu dibuat, hal ini perlu dilakukan agar Anda tahu kapan skripsi bisa selesai tepat pada waktunya. Tetapkan untuk bisa menyelesaikan 1 bab dalam jangka waktu 1-1,5 bulan.

Percuma kuliah di kampus bergengsi jika tidak bisa benar-benar menyerap ilmu yang diberikan, akibat susahnya membagi waktu dan kurangnya konsentrasi saat mengikuti pelajaran. Dengan memiliki alasan dan tujuan yang jelas, kita tidak akan mudah goyah saat menghadapi rintangan-rintangan ditengah perjuangan kelak. Setelah semua pemasukan termasuk uang saku kamu gunakan, jangan lupa untuk mencatat setiap biaya yang kamu keluarkan dalam jangka waktu sebulan.

Cari tahu sekarang dan dapatkan rekomendasi jurusan kuliah yang kamu banget. Maka dari itu, daripada kamu mengiyakan semua kegiatan nongkrong-nongkrong, coba deh, kamu berikan jadwal untuk kegiatan nongkrongmu. Misalnya, kamu bisa nongkrong bareng teman-temanmu sebulan dua kali. Pasti kamu akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan hal-hal lainnya. Misalnya, nih, kamu bekerja dan berkuliah dari hari Senin hingga Jumat. Di Sabtu dan Minggu, kamu selalu diajak nongkrong, nih, sama teman-temanmu dan kamu mengiyakan semua tawaran nongkrongnya.

Visa tersebut dapat memungkinkan Anda mengambil kerja paruh waktu sampai 20 jam selama kuliah dimulai dan kerja penuh waktu ketika liburan kuliah. Nah, kaum muda memiliki tingkat mobilitas yang tinggi dan dianggap sebagai penggerak pasar gaya hidup mulai dari cara berpakaian, pola makanan dan minuman, hingga teknologi yang digunakan. Dan ‘puncak’ peranan kaum muda tersebut diwakili oleh anak kuliah atau disebut juga mahasiswa. Jika beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan dua beasiswa dari dua lembaga yang berbeda. Kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya kuliah dan bisa kuliah gratis.