Cara Cerdas Menyiapkan Biaya Kuliah Sambil Bekerja

Persaingan yang tinggi di dunia kerja membuat perusahaan berlomba-lomba untuk merekrut lulusan yang memiliki kualifikasi pendidikan yang tinggi juga. Untuk itu, pendidikan formal menjadi hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Penelitian yang dilakukan Singg yang dipublikasikan 2005 lalu menyatakan bahwa mahasiswa yang kuliah sambil bekerja memiliki kematangan karir dan tanggung jawab yang tinggi. Pertama, keadaan ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan utuk mengalokasikan dananya guna membiayai kuliah anak-anaknya. Seperti kita tahu setelah krisis ekonomi banyak orang kehilangan pekerjaan atau menurunnya daya beli masyarakat. Jangankan untuk membiayai kuliah anaknya, untuk makan sekeluarga saja terasa sangat sulit.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Ini memang bukan ideas manajemen waktu khusus bagi mahasiswa farmasi. Namun dengan suggestions berikut ini, kamu mampu menjalani hari-hari yang padat dengan lebih rileks dan bisa menikmatinya. Menjadi karyawan sekaligus mahasiswa tentu bukanlah hal yang gampang.

Jika memungkinkan, Anda dapat meminta tolong guru di sekolahnya untuk merekam bagian anak Anda saat tampil supaya Anda tetap bisa menontonnya nanti. Sewalah pengasuh yang memang sudah sering menangani anak-anak dari banyak keluarga. Hal ini menunjukkan bahwa mereka sudah berpengalaman dan bisa beradaptasi dengan semua usia anak mulai dari bayi yang baru lahir hingga anak-anak yang membutuhkan bantuan saat mengerjakan PR.

Kesuksesan dapat diraih baik di bidang akademik maupun tempat kerja. Pertama, bangun komunikasi yang baik dengan atasan Anda, pahami prioritas Anda dan komunikasikan dengan jelas kepada mereka. Kedua, tetapkan rutinitas dengan membagi waktu kapan untuk bekerja, belajar, istirahat, dan rekreasi. Manajer UII Learning Center, Riefki Fajar Ganda Wiguna, S.Pd, M.Hum.

Selain jadi makin sibuk, kesehatan pun bisa terganggu kalau tidak cerdik mengatur waktu. Maka dari itu, kalau ada waktu luang, manfaatkanlah sebaik mungkin untuk istirahat. Minta bantuan teman kamu untuk membantu kamu agar lebih mengerti.

Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Pada saat kalian memiliki waktu luang, maka pergunakanlah waktu itu untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahmu. Jangan sampai tugas-tugas kuliah kalian menumpuk dan akhirnya kalian menjadi malas untuk menyelesaikannya. Dalam kondisi ini kalian akan disuguhi tentang berbagai macam ajakan dari teman-teman.