Pentingnya Merencanakan Karier Sejak Muda

Dengan begitu, kamu tak hanya akan berpikir tentang apa saja yang akan dilakukan selama kuliah, namun juga setelah lulus kuliah. Hal tersebut akan meminimalisir kegiatan tidak berguna yang hanya akan membuang waktumu. Kamu akan terbiasa berpikir jauh ke depan untuk merencanakan tujuan hidup. Hal tersebut akan membuatmu menjadi lebih matang, siap, dan terarah dalam menghadapi masa depan. Saat kamu merencanakan karier impian, tentu kamu akan berusaha untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai hal tersebut.

Meniti karir dari kuliah

Memang sulit untuk dilakukan, tapi dengan niat yang besar, kamu dapat menyelesaikan kuliah tanpa mengganggu pekerjaan. Dengan begitu, secara otomatis kamu akan mendapatkan setidaknya pendidikan dan ijazah yang lebih tinggi dari sekedar pendidikan dan ijazah SMA. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mencari pegawai-pegawainya dari lulusan universitas-universitas atau institusi lainnya. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan atau institusi pemerintah yang lebih memilih merekrut Fresh Graduate atau lulusan-lulusan muda, jadi kesempatan untuk bekerja lebih banyak. Sebelum melamar sebuah pekerjaan, hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah menentukan jenis pekerjaan apa yang kamu inginkan.

Keempat, ketika sudah terhubung, jangan lupa untuk kenalkan diri kamu dengan cara yang menarik dan tentu saja harus jujur, sampaikan juga tujuan kita menghubungi orang tersebut. Bila nanti tidak berujung mendapat interview atau tawaran, tidak mengapa, yang terpenting orang tersebut sudah mengenal kita. Tips dari Sanra bagi mereka yang ingin melakukan studi di luar negeri adalah kita harus mengenal diri kita terlebih dahulu.

Saat ini sudah banyak pekerjaan yang lintas disiplin ilmu, jika kita tidak skilled kita tentunya akan kalah dengan yang lain. Fakta membuktikan bahwa banyak lulusan sarjana sulit mendapat kerja di perusahaan besar karena lack of theorotical understanding. Apalagi sekarang serba online, mahasiswa baru sudah dihadapkan untuk bekerja lebih keras menangkap ilmu dan memahami sendiri ilmu yang didapatkan. Dalam meniti karir, mahasiswa perlu menentukan terlebih dahulu Goal Setting sehingga mereka mempunyai arahan. Passion dapat dibangun dengan menguasai ilmu di bidang yang telah dipilih, kemudian dilanjutkan dengan menentukan orientasi, dan membangun kompetensi diri. Hal ini tentunya menjadi sarana bagi kita untuk meraih kesuksesan.

Berapa ongkos atau uang bensin yang perlu kamu keluarkan setiap bulan. Besaran biaya akademis ini dapat dicek di situs resmi universitas terkait. Pahami dan kalkulasikan dengan baik agar tidak ada yang terlewatkan. Biaya lain di luar biaya akademis, tapi masih berhubungan dengan perkuliahan seperti biaya buku, fotokopi atau print tugas, serta biaya penelitian juga wajib masuk dalam hitungan. Kondisi seperti ini membuat dirinya belajar membagi waktu di sela-sela assembly, untuk mendampingi anak belajar dan mendelegasikan beberapa pekerjaan rumah dengan anggota keluarga lain.